Thursday, August 24, 2017

Aneka Olahan Daging Kambing Khas Indonesia

Sebentar lagi seluruh umat muslim di seluruh dunia akan merayakan salah satu hari besarnya. Hari Raya Kurban atau Hari Raya Idul Adha akan menjadi makna peringatan besar akan pengorbanan. Sebuah peristiwa pengorbanan dengan sejuta makna sebuah ketaatan dan berbagi. Mulai dari makna pengorbanan, jenis pengorbanan, dan waktu berkorban seakan tiada habisnya dari arti Hari Raya Kurban. Tidak terkecuali umat muslim diindonesia. Semua menyambut dengan penuh suka cita, mereka yang punya akan mengorbankan hartanya untuk membeli hewan kurban, dan yang tidak mampu ikut menikmati makan daging. Semua bahu membahu, bekerjasama dan bergotong royong penuh kearifan lokal. 

Di Indonesia hewan kurban biasanya sapi atau kambing, karena tidak ada hewan unta.Pada Hari Raya Kurban bakal banyak daging sapi dan kambing yang biasanya dibagikan mentah. Daging kambing sendiri merupakan salah satu bahan utama berbagai macam masakan khas Indonesia. Sebut saja sate, tongseng, gulai, bistik, makanan tersebut adalah menu andalan berbahan baku kambing yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Berbagai macam olahan daging kambing bisa dipilih sesuai selera dan pribadi masing-masing. Berikut ini sedikit aneka olahan daging kambing khas Indonesia :

1. Sate Kambing

Sate adalah makanan khas dan favorit Indonesia yang paling banyak disukai oleh berbagai kalangan. Uniknya setiap daerah mempunyai resep dan gaya masak yang berbeda-beda.  Semua mempunyai ciri dan ke khas an masing-masing yang menambah kekayaan kuliner nusantara.

2. Gulai Kambing

Biasanya rumah makan sate kambing pasti juga sedia gulai sebagai menu kuahnya. Gulai kambing ini berbahan dasar utama dari jeroan kambing dan tulang atau kepala kambing dengan kuah rempah yang mempunyai cita rasa yang sangat enak. Ada banyak variasi resep gulai di Indonesia, seperti gulai kambing padang, gulai jawa, madura dan resep gulai kambing solo. Tetapi pada intinya semua resep gulai tersebut mempunyai dasar bumbu gulai yang sama.

3. Tengkleng Kambing




Tengkleng katanya adalah masakan favorit orang Solo. Tengkleng bebahan utama dari tulang kambing yang masih sedikit berbalut daging, sehingga ada kenikmatan tersendiri saat menggigit daging dari tulangnya yang nikmat.

4. Semur Kambing




Semur kambing merupakan menu spesial daging yang direkomendasikan bahan dasar bagian paha. Daging dengan kuah kental, bumbu rempah dan kecap yang tepat siap menjadi sajian lezat.

Demikian sedikit khasanah kuliner nusantara dengan bahan dasar daging kambing. Untuk resepnya dapat dilihat dipostingan selanjutnya. terima kasih.








1 comment:

  1. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    ReplyDelete