Tuesday, May 23, 2017

7 Dasar Menyeduh Kopi Yang Benar untuk Menghasilkan Rasa Kopi yang Enak



Kopi adalah Personal – Cara menyeduh kopi yang paling benar adalah bagaimana cara kamu menghasilkan kopi dengan cita rasa yang enak untuk kamu sendiri. Kopi yang paling enak kembali pada selera kita masing-masing. Apa yang menurut saya enak, belum tentu enak bagi anda begitu juga sebaliknya. Namun, Di sisi lain banyak orang yang bilang menguasai dasar-dasar menyeduh kopi dapat membantu kamu meningkatkan kemampuan meracik secangkir kopi yang nikmat.

Mari kita bahas satu-persatu…

1. Selalu menjaga kebersihan segala peralatan kopi

Pastikan setiap perlengkap kopi anda selalu dalam keadaan bersih.Mulai dari grinder kopi, alat seduh sampai pada hal detail seperti kertas filter ataupun scoop kopi harus kamu pastikan kebersihannya.
Cuci sampai bersih menggunakan air panas dan keringkan dengan kain lap yang bersih. Ini sangat penting untuk mencegah adanya sisa-sisa kopi yang sering kali menempel dan bisa menjadi kerak pada perlengkapan kopi anda.
Apalagi jika kamu memiliki mesin espresso.Selain dapat menjaga kualitas kopi yang kamu buat, dengan menjaga kebersihan semua alat-alat kopi dapat mencengah kerusakan pada mesin espresso anda.

Mengapa sih menjaga kebersihan alat itu penting?

Kopi itu sangat senitif dan sangat mudah tercemar oleh berbagai hal dan salah satunya adalah sisa-sisa kopi hasil pemakaian sebelumnya.
Kalau kamu tidak mau rasa kopi kamu tercampur dengan kopi sebelumnya, mulai sekarang berikanlah perhatian lebih kepada kebersihan setiap alat kopi yang kamu gunakan.
Ini penting, mengingat sisa-sisa kopi yang menumpuk pada mesin dapat menimbulkan kerak dan bisa berakibat buruk untuk mesin maupun kualitas seduhan kopi kamu.

2. Takaran antara air dan bubuk kopi (Rasio kopi)

Takaran membuat kopi itu sangat penting dalam menyeduh kopi. Bahkan asosiasi kopi amerika menyebutnya dengan istilah " Golden Ratio".
Secara garis besar, rasio ini memiliki pengaruh yang besar dalam pembentukan rasa kopi yang kamu buat.
Alasannya sederhana…
Kalau kamu menggunakan air terlalu banyak, rasa kopi akan menjadi terlalu encer. Begitu juga sebaliknya, terlalu banyak menggunakan bubuk kopi dapat membuat kopi kamu terlalu pahit dengan cita rasa yang kasar.
Namun, perbandingan antara kopi dan air ini bersifat personal dan berbeda-beda pada setiap orang. Jalan terbaik untuk menemukan rasio kopi yang benar adalah dengan sering melakukan percobaan sampai anda menemukan rasio kopi terbaik bagi anda.
Ngomong-ngomong soal rasio kopi, ada banyak faktor dalam menentukan rasio kopi yang tepat. Beberapa diantaranya adalah kulitas air, suhu, tingkat kehalusan kopi maupun jenis kopi yang kamu gunakan.

3. Kualitas air yang kamu gunakan untuk membuat kopi

Apakah kamu mengetahui bahwa 98 persen dari kopi adalah air. Beberapa orang mungkin mendapatkan rasa berbeda saat menyeduh kopi dirumah lantaran menggunakan air dari ledeng.
Pada umunya, air yang ada di rumah kita sering kali memiliki senyawa-senyawa seperti besi ataupun seng yang kurang baik jika kita gunakan untuk menyeduh kopi.Tidak heran jika mayoritas coffee shop menggunakan filter air ataupun air mineral untuk menjaga kualitas produk kopi mereka.

4. Tingkat kehalusan kopi (Grind)

Jika kamu membeli biji kopi, sebaiknya hanya menggiling sesaat sebelum kamu akan menggunakannya.
“Ini penting!”
Tahukah kamu bahwa setelah menggiling biji kopi dapat mempersingkat masa kesegaran dari biji kopi dan hanya baik kamu gunakan dalam waktu satu hari.
Penyebabnya karena kopi yang sudah di grind pori-porinya akan terbuka dan lebih mudah teroksidasi oleh oksigen. Jadi, sebisa mungkin belilah kopi dalam keadaan masih biji untuk menjaga kualitas kopi anda.
Selain itu, tingkat kehalusan kopi juga dapat mempengaruhi rasa kopi yang kamu buat. Alasannya karena setiap tingkat kekasaran kopi dapat mempengaruhi proses “ekstraksi” saat kopi bertemu dengan air yang kamu gunakan.
 

5. Menjaga kesegaran biji kopi yang kamu gunakan

Ada orang yang bilang kopi itu tidak ada masa expired date nya. Bahkan, ada istilah “ Aged Coffe" dimana biji kopi di diamkan selama 3 sampai 5 tahun. Di lain sisi, banyak orang yang bilang kopi hanya bisa bertahan beberapa bulan.
Mana yang benar dan mana yang salah?
Semua kembali kepada anda, mana yang anda percayai.
Yang terpenting sebenarnya adalah bagaimana anda bisa menjaga kualitas biji kopi agar terhindar dari faktor-
 faktor yang bisa menurunkan kesegaran biji kopi anda.

 6. Suhu air yang kamu gunakan untuk menyeduh

Sebagian orang mungkin tidak terlalu perduli tentang suhu air yang mereka gunakan saat menyeduh kopi.
Padahal. Perbedaan pada setiap derajat suhu dapat mempengarui eksraksi kopi yang berdampak pada rasa kopi yang kita hasilkan. Namun, menurut saya pribadi suhu itu sama seperti rasio yang bersifat fleksibel. Beberapa orang percaya bahwa menggunakan suhu yang lebih dingin bisa memunculkan rasa kopi yang lebih nikmat.
Tapi, kalau bisa jangan gunakan suhu mendidih karena bisa memberikan rasa hangus (burn) pada kopi yang kamu buat. Memang untuk dapat mengetahui suhu air secara tepat kamu membutuhkan sebuah thermometer yang bisa merogoh kocek untuk memilikinya.
Sedikit tips bagi kamu yang tidak memiliki alat pengukur suhu dan ingin mendapatkan air dengan suhu yang ideal bisa kamu lakukan dengan cara ini. Masak air sampai mendidih kemudian diamkan selama 2 menit agar suhunya dapat turun menjadi 91-96 derajat celcius.

7. Waktu menyeduh kopi (Brewing time)

Berapa lama waktu menyeduh kopi yang kamu pakai merupakan salah satu faktor penting dalam pembentukan rasa kopi.Ditambah lagi, setiap jenis alat kopi memiliki waktu seduh yang berbeda-beda dan dipengaruhi oleh tingkat kehalusan bubuk kopi.
Ada satu hal yang ingin saya sampaikan terkait hal ini. Semakin halus tingkat kekasaran kopi maka semakin cepat. Contohnya espresso yang hanya memiliki waktu seduh dibawah 40 detik (berbeda-beda pada setiap orang).
Semakin kasar tingkat kehalusan kopi yang anda gunaka semakin lama pula waktu seduh yang kamu perlukan untuk eksreaksi kopi.

 Kesimpulan

Setiap variabel menyeduh kopi memiliki pengaruh dalam pembentukan rasa dari kopi yang kita seduh.  Kamu bisa menyeduh kopi tanpa harus ribet dengan segala variabel kopi yang ada namun dengan kualitas hasil seduhan yang seadanya.
Atau…
Kamu bisa sedikit memberikan waktu untuk hal-hal detail seperti rasio maupun suhu kopi yang kamu gunakan untuk mendapatkan rasa kopi yang enak bagi anda.
Apapun cara yang anda pilih, kopi tetaplah kopi yang selalu dapat memberikan inspirasi bagi banyak orang.


No comments:

Post a Comment