Thursday, May 25, 2017

Inilah Bedanya Kopi Hitam dan Kopi Putih


Bagi pecinta kopi, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Kopi Hitam dan Kopi Putih " white coffe" . Namun bagi orang awam pasti akan bertanya-tanya, dan mengira bahwa "white coffe" tadi merupakan kopi jenis varietas baru, atau malah hanya berpikir bahwa kopi putih hanya kopi hitam yang di campur susu.

Saat ini diwarung-warung, di supermarket banyak yang menjual berbagai macam kopi instan dengan tulisan kopi putih ( white coffe), tidak sedikit pula kedai kopi yang menyuguhkan kopi putih ini. Sebenarnya jika dilihat kopi aslinya saat disajikan maka tidak tampak perbedaan dengan beberapa jenis kopi lainnya, tetapi sebenarnya terdapat perbedaan antar kopi putih dengan kopi kopi lainnya.

Dibeberapa negara, biasanya kopi putih adalah kopi hitam biasa yang telah dicampur susu, krim atau "whitener" lainnya sehingga warna kopi tersebut tidak segelap kopi hitam biasa. Namun jangan bingung membedakan antara kopi putih dengan "cafe au lait" yang juga merupakan kopi dengan susu. Perbedaannya adalah cafe au lait menggunakan susu panas (heated atau steamed milk) sedangkan kopi putih menggunakan susu dengan suhu kamar (room-temperature milk).

Namun dibeberapa negara lain, kopi putih memiliki arti yang berbeda. Biji kopi yang digongseng (roasted) tidak sampai matang, menggunakan jenis atau tingkat panas yang berbeda, sehingga proses ini menyebabkan warna pada biji kopi tersebut berwarna kuning-kecoklatan yang pucat.



Sebenarnya kopi putih dan kopi hitam keduanya menggunakan jenis biji kopi yang sama (biji kopi Arabika dan Robusta yang berkualitas), namun proses pemanggangan untuk kopi putihlah yang menyebabkan perbedaan antara keduanya. Biji kopi putih lebih kecil dan keras jika dibandingkan dengan biji kopi biasa yang digongseng sampai matang, oleh karena itu dibutuhkan grinder khusus untuk menggilingnya.

Dan karena biji kopi putih digongseng tidak sampai matang, menyebabkan mengapa kandungan kafein di dalamnya lebih tinggi dari biji kopi hitam. Apabila bubuk kopi putih diseduh dengan air panas maka seduhannya bukan berwarna hitam atau putih melainkan kecoklatan.

Di Malaysia, kopi putih berasal dari kota Ipoh. Sebenarnya istilah "kopi putih" awalnya diambil dari bahasa Cina, yang diperkenalkan oleh imigran Cina pada abad ke 19 yang datang untuk bekerja di tambang timal lokal di Ipoh.

Di negara Amerika Serikat, kopi putih merupakan biji kopi yang dipanaskan sampai pada level kekuningan, karena proses pemanasannya yang hanya sebentar. Gula alami yang terdapat pada biji kopi tersebut tidak terkaramelisasi, maka tidak ada rasa pahit. Kada keasamannya pun cukup tinggi, dan kopi ini hanya digunakan untuk membuat espresso, bukan kopi seduh biasa.

Istilah kopi putih "white coffe" di negara lain seperti di Lebanon dan Siria anehnya malah sama sekali bukan kopi melainkan teh herbal yang sebenarnya dibuat dari air kuntum bunga jeruk. Walahhh,,,,



Nah, Kamu suka yang mana, kopi hitam atau kopi putih???atau kopi trubruk di warteg???


No comments:

Post a Comment