Friday, May 26, 2017

Liwetan, Makan Pakai Daun Yang Lagi Naik Daun

Bersosialisasi itu wajib, kata orang salah satu cara untuk melepas stress yakni dengan cara nongkrong bareng temen, bisa ketawa-ketiwi, ngobrol sana-sini dan tentunya bagi kalangan ibu-ibu pastinya nge-gosip.Kalau anda punya hobby nongkrong bareng temen, dimana sih tempat paling cocok? Cafe, restoran, warung? Pastinya itu-itu saja tempatnya. Tahu ga sekarang ada yang lagi ramai di medsos? Banyak anak-anak muda, sampai ibu-ibu sosialita, rajin dan ramai membicarakan hal ini di akun jejaring sosial baik facebook, instagram, mereka mengunggah berupa foto-foto dan video sedang makan bersama dengan menu nasi yang diletakan di atas daun pisang dan melengkapinya dengan berbagai macam lauk seperti ikan, ayam, tahu, tempe, telur, sayur lalapan dan ada pula sambal.

Yupzz, Liwetan namanya, sekarang sedang naik daun lagi budaya lama yang dulunya mulai ditinggalkan. Hal ini semakin populer sejak banyaknya unggahan di jejaring sosial. Jenuh dengan suasana cafe, coffeshop dan tempat nongkrong yang biasa, mereka memilih suasana yang lebih sederhana, memasak bareng, menyantap makanan bareng rasanya lebih greget. Kebanyakan sih yang para anak-anak muda, ibu-ibu muda temen arisan, temen kantor, atau kadang malah karena sering antar jemput anaknya sekolah bareng. Mereka sih mengatakan, rasanya beda aja kalau makan bareng direstorant, kebersamaannya kurang.

Menilik sejarahnya, Nasi Liwet sendiri berasal dari Solo, Jawa Tengah namun kemudian makanan ini tersebar hampir ke seluruh wilayah Jawa dan Indonesia. Konsepnya menggunakan alas daun pisang tanpa piring, makannya pun harus lesehan duduk dilantai dan wajib menggunakan tangan. Liwetan disusun memanjang bersama tumpukan aneka lauk dan disantap bersama-sama. Liwetan juga irit pemakaian piring dan aneka perkakas makan. Jadi saat selesai makan, para wanita tidak perlu pusing memikirkan tumpukan piring kotor. Cukup lipat daun pisang dan buang ke tempat sampah. Setelah itu silahkan bersantai dan menikmati makanan penutup yang tersedia. So Simple, bukan?

Liwetan memang paling asyik disantap beramai-ramai. Hadirkan liwetan pada acara kumpul keluarga atau teman. Selain tentunya seru dan nikmat, liwetan juga bisa dijadikan ajang menjalin hubungan bail dengan orang sekitar. Melupakan sedikit penat dan stress, ketawa-ketiwi bareng temen ataupun sodara.

Ayoo jangan ketinggalan, segera undang teman atau sodara anda, trus upload dimedia sosial supaya makin eksis dan ga ketinggalan trend.



No comments:

Post a Comment