Sunday, May 28, 2017

Jenis Buah Ini Wajib Kamu Konsumsi Di Bulan Ramadhan


Bagi umat Islam bulan puasa mempunyai keistimewaan bagaikan seribu bulan sehingga semua menyambutnya dengan penuh suka cita. Karena keistimewaannya menjalani bulan puasa tidak bisa sembarangan. Selain dituntut untuk menahan lapar dan emosi, namun kemampuan untuk menjaga diri agar tetap fit dan prima dalam menjalani tugas harian pun harus dilakoni.

Hidangan waktu sahur mempunyai peranan yang sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh. Tidak hanya nasi, sayur dan lauk (daging), buah mempunyai peranan yang sangat penting. Tidak heran jika saat lebaran banyak penjual buah-buahan dadakan akan banyak kamu lihat, hampir sama dengan penjual takjil. Nah Guys, untuk kamu yang tidak ingin puasanya terganggu karena penyakit dan rasa lelah yang berlebih, sering-seringlah mengkonsumsi buah saat bulan puasa. Inilah buah yang wajib kamu santap sebagai pelengkap menu kamu disaat sahur ataupun buka ya guys.

1. Kurma 

Kurma wajib ada dalam menu sahur dan buka. Buah yang disunahkan oleh Nabi ini mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kamu. Mengkonsumsi dua buah kurma setiap hari dapat menjaga kesehatan jantung, tapi sebelum melahapnya anda perlu merendam kurma dalam air bersih semalaman dan disajikan kurma dalam menu sahur.  Kalium dalam kurma dapat mengurangi risiko stroke sebesar 39%. Serat dalam buah kurma yang mudah larut juga akan melancarkan pencernaan.

2. Pir

Buah yang berbentuk seperti jambu monyet ini mengandung asam kloro-genat, salah satu bagian dari asam hidroksi sinamat. Kandungan asam ini berperan sebagai antioksidan yang membendung pembentukan sell kanker, serta mampu mencegah pertumbuhan bakteri shigella sonnei, penyebab penyakit pada saluran pencernaan. 
Pir juga baik untuk mencegah radikal bebas karena mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C memacu sel darah putih melawan infeksi, membunuh bakteri dan virus, serta meregenerasi vitamin E. tanpa kehadiran vitamin C, vitamin E akan teroksidasi oleh radikal bebas.

3. Apel

Apel mengandung gizi yang sangat tinggi, terutama vitamin dan mineral. Sama seperti pir, apel juga dapat menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit degeneratif. Konsumsilah satu apel setiap harinya untuk membuat kulit tetap halus dan tubuh menjadi langsing.

4. Blewah

Blewah memiliki kandungan kalium yang sangat baik bagi tubuh. Kalium bermanfaat mengendalikan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko serangan stroke, membersihkan karbondioksida di dalam darah, juga untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. 
Selain itu, blewah juga kaya akan gula dari mo-nosakrida, seperti sukrosa dan fruktosa, sehingga baik untuk berbuka puasa. Kandungan airnya yang sangat tinggi dapat mengatasi dehidrasi setelah tubuh 12-14 jam tidak mengonsumsi air.

5. Anggur

Sama seperti apel, anggur juga memiliki kandungan gizi yang sangat penting seperti vitamin C, B1, B6, serta mineral mangan dan kalium. Mangan diperlukandalam sintetis energi, sehingga membantu menjaga kestabilan gula di dalam darah. 
Selain itu, bagi kamu yang mengalami insomnia, anggur juga bagus dikonsumsi karena mengandung melatonin, hormon yang membantu mengatur jam biologis tidur.

6. Semangka

Buah berwarna merah ini sangat bermanfaat untuk penyejuk tubuh, lho. Semangka mengandung vitamin A dan C yang menjadi sumber antioksidan yang baik. 
Warna merah pada semangka menandakan tingginy likopen, salah satu komponen karotenoid. Likopen semangka lebih ampuh memerangi radikal bebas dan mencegah berbagai penyakit, seperti kanker.

7. Melon

Manfaat buah melon bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa adalah untuk menjaga sistem pencernaan. Selama berpuasa sistem pencernaan tubuh dipaksa untuk beristirahat sejenak karena itu mengawali berbuka dengan buah yang baik untuk pencernaan adalah sebuah pilihan yang bijak. Selain tinggi kandungan air buah melon juga merupakan sumber gula padat alami dan serat pangan

8. Pisang

Pisang yang kuning dan lonjong ini pas banget lho sebenarnya, untuk suplemen tambahan ketika kamu sahur. Dalam sebuah pisang berukuran sedang, tersimpan hingga 110 kalori, 30 gram karbohidrat, dan 1 gram protein. Pisang juga berkhasiat menormalkan tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung, oleh karena itu pisang menjadi andalan para atlet pesepeda pasca latihan, selain karena cepat dicerna oleh tubuh.
Kalau kamu termasuk orang yang kurang suka makan pepaya, pisang bisa menjadi substitusi, karena sama-sama bermanfaat untuk membantu pencernaan di usus. Pisang dan pepaya juga sama-sama membantumu melancarkan buang air besar, jadi pantang deh yang namanya sembelit pasca sahur, kalau kamu sudah mengonsumsi salah satu dari dua buah ini!

9. Pepaya 

Selain murah, pepaya juga menjadi buah yang sangat menyehatkan. Umumnya, pepaya matang menandung betakaroten, beta-cryptoxanthin, serta lutein dan zeaksantin. Betakaroten merupakan provitamin A sekaligus antioksidan yang berguna untuk menangkal serangan radikal bebas. 
Vitamin C menjadi salah satu vitamin yang paling menonjol dalam pepaya. Satu potong pepaya ukuran 140 gram juga menyumbang vitamin C sebesar 150% dari angka kecukupan gizi yang dianjurkan per hari (AKG), serta 10% serat.

10. Mangga

Selain air, karbohidrat, dan serat, mangga juga mengandung protein, lemak, vitamin, mineral, dan macam-macam asam, tanin, zat warna, dan zat volatil. 
Karbohidrat daging buah mangga terdiri atas gula sederhana (sukrosa, glukosa, fruktosa), pati, dan selulosa. Gula berperan dalam memberikan rasa manis dan penghasil energi yang dapat segera digunakan oleh tubuh.
So Guys, jang lupa untuk konsumsi buah-buahan baik saat sahur ataupun buka puasa untuk menjaga kondisi kesehatan kamu. Bila ingin simple coba beli sop buah saat buka puasa guys.



1 comment:

  1. "Selamat siang Bos ��
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    ReplyDelete