Saturday, May 27, 2017

Kopi Turki, Kopi Ajaib Yang Keluar Dari Pasir

Salah satu minuman favorit diseluruh dunia adalah kopi. Dari orang biasa, orang kantoran, bahkan para pejabat semua menyukai kopi sebagai minuman. Kopi dianggap dapat "membangunkan" peminumnya karena kandungan cafein di dalamnya. 

Selain hal tersebut, kopi juga menjadi minuman sosial dimana banyak orang yang berinteraksi sambil menyeruput minuman ini. Ada juga yang mengatakan, "banyak ngopi banyak rejeki". Maka tak heran, jika warung kopi, kedai bahkan cafe yang menyajikan kopi selalu ramai dengan pengunjung. Apalagi ada layanan wi-fi, anak gaul betah banget nongkrong sampe berjam-jam.

Membahas tentang kopi tidak bisa dilepaskan dengan seni cara menyeduh, hal ini dianggap sebagai ritual tersendiri. Dari penyajian kopi tubruk diwarung biasa sampai keahlian para barista di cafe berkelas semua unjuk gigi, menampilkan kemahirannya masing-masing dalam menyeduh kopi. 

Ada satu cara menyeduh kopi yang unik dari Turki yang mungkin belum anda tahu. Jika anda perki ke jalanan Aqaba di Jordania, anda akan menemukan pedagang yang menjajakan kopi Turki dengan menggunakan pasir. Di sini anda akan bingung dan heran, kenapa ia bisa melakukannya. 

Pedagang kopi ini akan menyajikannya langsung dihadapan anda. Mereka menyediakan sebuah wajan yang berisi penuh pasir, lalu disimpan di atas kompor gas. Mereka menyajikan semacam "wajan" kecil yang berisi kopi dan sedikit air yang tidak terlalu penuh, kemudian disinilah keajaiban itu terjadi, simak video berikut :


Ia akan mengaduk-ngaduk terlebih dahulu cangkir atau wajan kecilnya tersebut. Langsung menenggelamkannya ke dalam pasir, dan tiba-tiba, muncul minuman kopi yang langsung dituangkan ke dalam cangkir, dan diisinya hingga penuh. Nah Guys, aneh bukan? Mau mencobanya??



No comments:

Post a Comment