Saturday, May 27, 2017

Jenis Makanan Yang Baik Untuk Berbuka Puasa

Bulan ramadhan adalah bulan suci bagi umat Islam, dimana di bulan ini diwajibkan untuk berpuasa. Puasa mempunyai makna menahan dari segala seuatu yang membatalkan baik dari sisi jasmani, maupun rohani. Setelah kita membahas tentang makanan dan minuman yang baik untuk sahur, sekarang ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang jenis makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. Dengan mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang tepat, maka hal itu akan baik untuk kesehatan jasmani tubuh. Berikut beberapa jenis makanan yang baik untuk berbuka puasa:

1.  Kurma

Berbuka puasa dengan buah kurma disunahkan oleh Nabi, oleh karena itu jika bulan puasa telah tiba, maka kurma termasuk jenis makanan yang tidak akan hilang dari hidangan pembuka. Kurma mengandung zat yang kaya akan glukosa, fruktosa, dan sukrosa dengan kadar kalori rendah, hal ini sangat efektif untuk mengembalikan energi pada sel-sel otak, sel syaraf, sel tulang belakang, sel darah merah dan seluruh tubuh. Selain itu, kandungan garam pada Kurma juga amat bermanfaat untuk menyeimbangkan tingkat keasaman dalam darah.

Untuk vitamin, kurma juga tidak akan mau kalah, kandungan vitamin pada kurma terdaat Vitamin A, B12, B2 dan juga mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, kalium, natrium, fosfor dan lainnya. Jangan lupa sediakan kurma untuk berbuka ya guys!!

2. Madu

Madu juga bagus untuk berbuka puasa, banyak sekali manfaat madu, beberapa diantaranya adalah mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat menyembuhkan hampir semua penyakit. Kandungan karbohidrat (glukosa dn fruktosa) yang langsung cepat diserap tubuh akan berfungsi untuk mengembalikan energi dan stamina untuk tubuh kita.

Manfaat besar mengkonsumsi madu saat berbuka puasa juga akan memberikan vitamin dan mineral untuk tubuh kita, hal itu karena madu mengandung kalium, kalsium, natrium, magnesium, zat besi, phospor, sulfur dan mangan. Madu juga dapat melancarkan metabolisme dan mengatasi gangguan pencernaan. Jadi, siapkan madu untuk berbuka puasa ya.

3. Buah-buahan

Buah-buahan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka dan sahur. Buah dapat dijadikan alternatif untuk mengatasu dehidrasi setelah berpuasa satu hari penuh. Buah-buahan sangat mudah dicerna usus, maka dari itu anjuran ini sangat efektif untuk kita lakukan. 

Sedangkan pilihan buah yang bisa dikonsumsi adalah buah yang banyak mengandung serat, mudah dicerna dan mengandung kadar gula (buah manis) seperti pisang, apel, pepaya, melon, anggur dan lain sebagainya.

4. Makanlah Sayur-sayuran

Saat lambung kita beristirahat selama satu hari, maka ketika hendak berbuka tubuh membutuhkan jenis makanan yang mudah dicerna, hal itu karena ukuran lambung mengecil dan enzim pencernaan dalam tubuh berkurang. Apabila yang kita konsumsi terdapat makanan yang berat saat berbuka puasa, lambung akan shock dan bekerja lebih berat, tentunya ini tidak baik untuk kesehatan.

Jenis makanan yang mudah dicerna oleh lambung adalah sayur-sayuran. Di dalam sayuran hijau (rekomendasi) banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti serat, mineral, protein, vitamin C, K dan asam folat. Kandungan zat besi pada sayuran juga amat baik sekali untuk meningkatkan tekanan darah bagipenderita anemia, dan ini juga dapat melancarkan proses pencernaan dan pengeluaran racun dalam tubuh.


5. Ikan


Ketika anda selesai shalat maghrib, maka tiba saatnya untuk makan nasi. Nah pendamping nasi yang tepat selain sayur dan air putih adalah Ikan. Bagaimana pun banyaknya anda makan Ikan, maka efek samping yang timbul amat sedikit, hal itu karena ikan mengandung Protein, berbeda dengan daging yang bisa menimbulkan beberapa penyakit seperti kolesterol jika dikonsumsi terlalu banyak.

Ikan banyak sekali manfaatnya untuk tubuh, hal itu karena daging ikan mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi, antioksidan, protein hewani, viatmin D dan B2 serta sejumlah mineral. Kandungan pada omega 3 (EPA dan DHA) pada ikan membuat pertumbuhan sel saraf otak dengan baik, melancarkan peredaran darah, menjaga kesehatan jantung, mencegah peradangan, menjaga organ penglihatan dan baik untuk tulang. 

Sebenarnya masih ada beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi untuk berbuka puasa dan setelah nya, namun jenis makanan di atas adalah makanan yang tidak bisa kita hilangkan jika kita mau sehat selalu. Selamat mencoba ya guys.

1 comment:

  1. "Selamat siang Bos ��
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    ReplyDelete